Newest Post

// Posted by :Muhammad Fadhli // On :Saturday, September 20, 2014

Ikan koi adalah ikan peliharaan yang cara perawatannya gampang - gampang susah, ikan koi  suka dengan  air yang jernih sehingga memerlukan sirkulasi air kolam yang dilewatkan filter. Memelihara ikan Koi merupakan kenikmatan tersendiri bagi yang memeliharanya . Keindahan dan kemolekan ikan koi ada pada tubuhnya membuat mata kita betah memandang dan membuat batin menjadi tenang. Apalagi pada saat kita memberi makan, Koi-Koi akan menghampiri kita dengan bersemangat. Bahkan kita bisa memberi makan Koi dengan tangan langsung. Mulut-mulut ikan Koi yang menyentuh tangan kita memberikan sensasi tersendiri, bahkan kita bisa mengelus kepalanya. Karena ikan Koi termasuk ikan yang bisa mengenal pemiliknya, bahkan kalau jagoanku "mengobok-obok" kolam pakai tanganpun maka akan disamperin sama ikan-ikan tersebut.

Idealnya  kolam Koi untuk pembesaran yang sangat baik mempunyai kedalaman sekitar 2 meter. Akan tetapi untuk dirumah, mengingat kondisi rumah dan luas tanah, kolam Koi dirumahku hanya mempunyai ukuran 2 x 1 meter dengan kedalaman air sekitar 40 cm. Memang pertumbuhan Koi menjadi lambat, akan tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti bagi saya, karena Koi ku ada yang mempunyai ukuran 25 cm-an, bagiku itu sudah cukuplah. Soalnya kalau menuruti keinginan untuk membuat kolam yang lebih baik, nanti orang tua kuh marah-marah... he he

Kolam Koi yang ditumbuhi lumut merupakan kolam yang sangat baik untuk koi tersebut ,asalkan airnya tetap jernih (lumut yang berwarna hijau yang mengambang/melayang dalam air yang menyebabkan air keruh tidak baik, biasanya ini terjadi kalau kolam tercampur dengan air hujan). Kebetulan kolamku berada dalam rumah, yang diatasnya aku beri atap, jadi air hujan tidak masuk kedalam kolam koi).Lumut yang tumbuh menempel di dinding dan dasar kolam tersebut merupakan makanan alami yang sangat bermanfaat untuk Koi dan banyak mengandung spirinula yang berfungsi untuk membuat warna ikan menjadi semakin terang / cerah. Selain itu dengan background lumut (hitam/hijau gelap) maka ikan Koi yang sebenarnya biasa saja maka akan kelilhatan lebih cantik.

Kangkung juga bisa diberikan untuk ikan koi sebagai makanan tambahan.pemberian kangkung 2 minggu 1 x untuk nutrisi ikan koi tersebut.jangan terlalu sering memberi kangkung kepada ikan koi karena akan membuat air kolam menjadi bau.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © GUDANG ALE //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //